Selasa, 31 Mei 2011

Kenapa Grup Dangdut Selalu Ada A-nya?

Oleh Abdullah Alawi

Saudara-saudara, cobalah periksa nama-nama grup dangdut di tempat tinggal Saudara! Selalu berakhir huruf A, bukan? Atau setidaknya ada huruf A-nya? Kalau betul demikian, tak apa-apa. Kalau tidak, juga tak apa-apa. Terserah si pemilik grup dangdut menamainya, bukan?

Di kampung saya, terdapat dua grup dangdut dalam kondisi hidup tak mau, mati pun segan; namanya Arista dan Bahtera. Konon tahun 80-an, terdapat pula grup serupa, namanya Nada Derita. Terdapat huruf A-nya, bukan?

Saudara masih belum percaya, dan menganggap saya mengada-ada? Coba perhatikan nama-nama grup dangdut di Youtube, maka Saudara akan mempercayainya. Saya sarankan berselancar dengan kata kunci yang akan saya absen. Supaya Saudara tidak kesulitan, saya urutkan berdasarkan abjad (coba, kurang baik apa saya?):

Adista Nada asal Tangerang

Amelia

Arjuna Tangerang

Belita Nada

Blantika asal Rangkas Bitung

Cahaya Mega

Calawak

Danista

El-Fata

El-Riska

Gajah Mada

Jawara Nada

Kharisma

Mahesta

Monata

Mania

Monita

Montesa

Nusa Indah

Onglista

Palapa

Purnama Indah Cilegon

Putradewa asal Jepara

Ramona

Reka asal Ciamis

Relaxa

Sanjaya

Sera

Satria asal Tengerang

Dan, tentu saja hampir setiap orang mengenal Soneta, milik yang dirajadangdutkan Rhoma Irama. Juga berakhir huruf A, bukan?

Saudara barangkali bertanya, kenapa hal ini terjadi?

Saya sendiri tak tahu dan tak bisa menjawabnya.

Akan tetapi, kesimpulan sementara saya adalah, bahwa blog saya, Pamanah Rasa, yang tinggal di http://abdullahalawi.blogspot.com/ sangat mungkin jadi grup dangdut atau organ tunggal. Jadi kira-kira OM Pamanah Rasa. 


Kenapa dikatakan mungkin? Hitung saja saja huruf A-nya! Ada empat! Melebihi Soneta yang cuma satu. Soneta yang punya satu A bisa besar, panjang dan tahan lama. Menjadi ikon tak terbantahkan dalam perdangdutan. Jika tahun 70-an dianggap kelahirannya, berarti sekarang sudah 40 tahun. Ingat, itu cuma dengan satu huruf A.

Jika satu huruf A saja berumur 40 tahun, maka Pamanah Rasa yang memasuki usia ketiga, setidaknya akan bertahan 160 tahun ke depan. Luar biasa, bukan?



Ciputat, 31 Mei 2011

NB:
Biasanya grup dangdut di atas, diawali O M atau diakhiri entertaiment. Misalnya OM Sanjaya atau Ceria Entertainmment. Yang diawali OM biasanya benar-benar grup dangdut, sedangkan entertaiment, adalah organ tunggal. Tapi kita samakan persepsi, bahwa kedua-duanya dangdut. Musik yang satu ini sangat terbuka disentuh alat musik mana pun sehingga dari waktu ke waktu terus bergeser. Sekarang dangdut sedang populer disentuh gendang. Di Jawa Timur terkenal dengan Koplo. Di Priangan Timur disebut Pongdut.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

ada tuh.. RGS dari jatim

Mila Said mengatakan...

grup dangdut yg punya anaknya rhoma irama jg ga ada A nya

Aznazoehdi mengatakan...

Favorit gw adalah OM Sera..saya sarankan bwt saudara Abdullah Alawi agar mencari d youtube video2nya..goyang baaahhhh..!!

Abdullah Alawi mengatakan...

anonim> hehe memang ada. tapi jarang.
mila> berpikir berapa hari untuk mendapatkan nama group musik sont2 hehe
azna> mantap OM Sera. vivi nernanda? apalagi kalau penyanyinya mela berby dan mery geboy, yahud tuh. ..hahahaha

Obat Herbal Kaki Gajah mengatakan...

makasih infonya..